Senin, 02 Februari 2009

Donat Kentang NCC

Donnat Tabur Meisis







Donat Taur Gula Halus







Aneka Macam Bentuk Donat







Donat Baru Matang







Cara Melubangi Donat







Donat setelah dilubangi dan fermentasi ke 2







Donat setelah dibulatkan dan fermentasi ke 1







Adonan Donat








Donat Kentang NCC
Ikutan Laporan Donat Week NCC ah...
Saya bikin donat kentang resep NCC. Satu resep jadi 22 buah maklum besarnya ga sama. Nguleni pake tangan aja (eh biasanya kalo di indo saya ga pernah sukses buat donat lho,tapi pas punya alat concerto dan pake resep NCC jadi sukses). Saya ngelubanginya pake botol air mineral, dilubangi sama anak saya Ibrahim. Kalo buat donat gini jadi kangen sama anak saya Yusuf yang lagi mondok di As Salam, Solo. Nak...nak... ibu sama ade bikin donat neh...
Sori jadi curhat..
Ibrahim lebih suka donat nya hanya di taburi gula aja (tante imeng...tante imeng... inget donat bu kadar nih). Sing mbarep Yusuf kadang suka eksperimenn macem macem ma toping nya...

Donat Kentang NCC
By: Fatmah Bahalwan
Bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instant (aku pake saf instant)
200 gr kentang, kukus, haluskan dan dinginkan (pake ulekan aja ngalusinnya)
100 gr gula pasir
75 gr mentega (pake blue band)
½ sdt garam
4 btr kuning telur
100 ml air dingin (air es dari kulkas)
Cara membuatnya:
Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan kentang halus ,tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.
Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit.
Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat.

Tidak ada komentar: